14 Februari 2009

Membuat efek gitar (Blues Breaker)

Berbekal pengetahuan elektronika yang pas-pasan dan skill gitaran yang lumayan (lumayan ancur),aku nekat bikin fx gitar (stompbox).Salah satunya yang ini,
Marshall Blues Breaker.
Nyomot skema dari TONEPAD.Aku bikin pake PCB bolong-bolong,rencananya sih buat percobaan tapi ahirnya tak pake terus.
Gak perlu pake jurus-jurus khusus,tinggal liat skema langsung aja pasang semua komponen ke lobang PCB mak bluss mak bluss.Setelah itu semua komponen termasuk koneksi in,out dan DC in disolder.Sambung ke ampli,ampli on,fx on atur knop gain,tone dan levelnya trus in fx tak sentuh dengan jari.Eh,bunyi "duut,druutttt.......mak nyusssss",abis itu baru tak coba pake gitar.
Alhamdulillah,idup dan semua berfungsi dengan baik(ini menurutku).

Abis itu bingung mo diapain nih fx.Ahirnya nemu box yang menurutku pas.Tinggal lubangin untuk knop,led,switch dan jack.Untuk fx ini tak kasih nama BAD MOOD.Aku ngasih labelnya pake rugos(huruf gosok),abis itu dilapisi pake pilox clear.
Tererenk... cling...
Jadi deh...

(gambar yang ini sengaja dibikin burek,kotor dan gak jelas biar terkesan lebih artistik,hehehehe.....)


Nih FX racikan asli tanpa modifikasi.


Ini adalah proyek yang mudah dan menyenangkan.Dibilang murah ya murah,mo dibilang mahal ya mahal juga.Murahnya disini kalau dihitung rangkaiannya aja.Tapi kalo diitung casing beserta accessoriesnya bisa jadi lebih mahal.Apalagi kalo kesulitan,kegagalan dan perjuangannya juga diitung.Bisa jadi lebih muahual lagi hehehe...
Tapi dari itu semua yang didapat adalah pelajaran,pengalaman serta kebanggaan.Tapi yang gak kalah penting kemandiriannya sesuai motto para DIYers (Do It Yourself Lovers).

28 komentar:

Yohanes Amin Setiawan mengatakan...

toloooooong dibuatin sekema cara membuat efek gitar tersebut dan juga komponen apa saja yang di butuhkan. baru belajar nich!!!!!!????????

Triagus mengatakan...

Emang mo bikin fx yg kek gimana?
Coba kunjungi http://www.tonepad.com
Aq jg bljr dari situ.
OK?!!!
E-mail jg gpp

Anonim mengatakan...

bos,klo epek gitar yg fdbcknya panjang tuh skemanya ky apa.tyus bikin epek bagusnya yg pake transstor pa ic?,mkch

Triagus mengatakan...

maksudnya fx sustainer gitu ta?
aku blom pernah bikin.Tapi menurutku sustain panjang tu juga harus didukung ma gitarnya sendiri,dari kayu maupun pick upnya.
kalo pengen feedback,tinggal mentokin aja knob vol/level pada fx & ampli trus genjreng kenceng2 sekalian deketin ma amplinya,dijamin feedback dah,termasuk tetangga-tetangga juga bakalan feedback kayaknya(didamprat maksudnya),hehehehehe....

Unknown mengatakan...

salam kenal bro,
gile kreatif bgt, salut,
gw feed ya

DIY

Triagus mengatakan...

salam kenal balik bro,,,,,
gw emang gile,hehehehehe..........
terserah wes,pokok'e thanx.

ReOstaR V'rgyan bOnet mengatakan...

Salam kenal !!! (basi banget ya opening gue)
Gue minta rangkaian efek itu donk....

Anonim mengatakan...

bro,dioda bluesbraker di daerah q susuah d cari,bso gx diganti dioda yang lain???!!!!mank di914 th zener y?

anppera mengatakan...

beli dmana alat2 klw mw buat efek bos,,,tlong dong ajarin jg,,,

Triagus mengatakan...

btw,skema bisa cari di google.
di tonepad.com jg komplit,klo males nglay out dstu banyak lay out kececeran,tinggal pilih.
Bikin fx g perlu susah2 bro,pake dioda 1N4148 aja,cuma 200rp doank.
klo kupingnya jeli,coba modip pke dioda yg laen,led jg bisa,trus bedakan rasanya rasakan bedanya.

to anppera:
beli ditoko elektronik(yg jualan komponen bwt TV dll)
gampang kok.

budi mengatakan...

bro klo mo pake' dioda yang laen th bs pake' dioda 1n4002 gx????

Triagus mengatakan...

bisa2 aja,poko'e coba terus biar dpt sound yg sesuai selera.

Ekowijayanto mengatakan...

Salam kenal, sob kalo tonepad-bluesbeacker it it pake batre ga si? Aq ga mudeng gambarnya, diskemanya ada tulisan 9v. Tp di pcbnya ga ada bwt batre?

Triagus mengatakan...

suka2 bro,klo mo pke btre ya pke aja,cari soket dc-nya yg 3 kaki.
yg satu bwt ground,satunya bwt dc in(dr adaptor),trus satunya lg bwt btrenya.
jd umpama dksh btre trus adaptor jg dicolokin,si btre g bkln hbis cz klo colokan dc-nya msuk,koneksi ke btrenya keputus,tp klo colokan dc dicabut,koneksi ke btre nyambung lg.
Prinsipnya ky jack earphone pd tape compo dll,jd msalnya earphone msuk,mk spkrnya mati,dan sbaliknya.
Smga bs membantu.

Anonim mengatakan...

sip,, matursuwun

Muhammad Muhajirin mengatakan...

wah bang mantab banget tutornya... lebih mantab lagi plus pake tutoril video yups maju terusssss..........

angga rahmawan mengatakan...

tolong dong jelasin pemasangan in put, out put, DC in, sama kalo udah jadi pake adaptor yang berapa volt ya? thx, saya apresiasi penuh dengan tulisan anda :)

angga rahmawan mengatakan...

oiya bro...1 lagi, masang tombol on off sebelah mana ya???maklum elektronika saya nol gede.heheh

Anonim mengatakan...

tengkyiu buat informasinya bro saya udah buat KEREN !

Anonim mengatakan...

bro,aku mo tanya....
d daerh aq rh ssh nyri kpstor na..
bsa gx d gnt ma milar??
n pa smua kpstr th sma?? thax"s....

Beny Setiawan mengatakan...

bos aku mau tanya gimana cara nentuin vol kapasitornya? berapa watt untuk resistornya? soalnya aku liat di tonepad kurang lengkap kasih daftar komponennya... tolong temen@ kalo ada yang tau kirim jawabannya ke rockstarbeny@gmail.com aku tunggu yahhh... new bie nih... salam roker

dwi2 mengatakan...

om saya dwi. saya ingin membuat efex sendiri tapi gak tau caranya. tolong ajari dong om.n situs nya apa?

Unknown mengatakan...

mw tanya dong ..
kalo bikin case nya itu bagaimana??ap ad barang yang sudah jadi??ap memuat sendiri??

Unknown mengatakan...

oo iy mau tanya lagi buat pembuatan efek bass sama dngan efek gitar gk??
klo gk perbedaanya dmn nya???

xsan mengatakan...

mas bro... boxnya nemu dimana, n hargane berapathanks....

dhani ramdhani mengatakan...

wahhhh amantap nichhh gan,,,
suykses sllu gan..

Abu Al Tambuniy mengatakan...

gan ane minta email agan buat dikontak, bantu ane dong

ALA henPer mengatakan...

thank broo. sya mau coba juga buat FX